Sabtu, 06 Juni 2009

"Intranet"

0 komentar
Intranet adalah jejaring internal perusahaan yang menggunakan arsitektur, protokol dan aplikasi yang sama seperti Internet. Jelaslah bahwa Intranet datang sesudah Internet. Jejaring (informasi) perusahaan sudah ada beberapa saat lamanya, dan Intranet kemudian tiba-tiba muncul begitu saja dan banyak dipakai oleh personil dan staf dari perusahaan. Kekuatan dari standar protokol serta teknologi HTML (Hyper Text Up Language) memancing beberapa pakxmark tar berkreasi untuk memperkenalkan "Intranet: yang pada dasarnya mengarah kepada peningkatan pemanfaatan jejaring perusahaan dengan memadukannya bersama internet ke dalam suatu bentuk baru "intranet". Standard khusus tersebut adalah : Internet Protocol Suite (IPS) pada tataran infrastuktur, Web server dan teknologi browser (pencarian) bagi komunikasi, retrieval (penggapaian) dan penyajian data, serta HTML (hypertext mark-up language) bagi pembentukan isi (content). Karena semuanya ini tercakup di dalam daerah bisnis internet, maka Internet Service Provider (ISP) adalah yang paling berkepentingan dalam menginvestasikan pengetahuan dan ketrampilan ke dalamnya. Jelaslah bahwa teknologi yang saling berkait dalam mensukseskan standard tersebut di atas menuntut tingkat disiplin sejenis yang umumnya merupakan bagian dari aktivitas pembinaan jejaring tertentu, maka ISP muncul lagi sebagai penyedia jasa yang tepat.Teknologinya yang mendukung ini semua adalah : Common Gateway Interface (CGI) scripting, Java atau bahasa sejenis bagi jaringan ( contoh : Microsoft ActiveX), GIF dan JPEG image file formats, format Suara dan Video (paket spt. Real Audio dan Micromedia)
Dilihat dari perkembanganya Intranet adalah konsep LAN yang mengadopsi teknologi Internet dan mulai diperkenalkan pada akhir tahun 1995. Atau bisa dikatakan Intranet adalah LAN yang menggunakan standar komunikasi dan segala fasilitas Internet, diibaratkan berInternet dalam lingkungan lokal. umumnya juga terkoneksi ke Internet sehingga memungkinkan pertukaran informasi dan data dengan jaringan Intranet lainnya (Internetworking) melalui backbone Internet. Sekarang perkembangan intranet sekarang lebih banyak digunakan dalam area perkantoran diamana mengunakan konsep beberapa topologi jaringan untuk mempermudah kerja dari suatu divisi dimana terdapat akses file (share) maupun sharing printer.
Kenapa menggunakan intranet? Pengunaan intranet sendiri berguna dalam mempersingkat pembagian informasi dimana pembagian informasi dalam suatu LAN akan semakin efesien karena mengantikan penyampaian informasi secara manual. Keaman juga terjamin dimana dengan penggunaan firewall, selain ganggunan dari luar akan semakin kecil dari pada penggunaan internet yang lebih global. Jika dalam organisasi maka pengunaan intranet lebih pada kecepatan arus informasi kemudian Organisasi biasanya memasang pagar pengaman Intranet mereka, sehingga memungkinkan adminsitrator jejaring dapat mengendalikan informasi yang masuk menurut jenis sumbernya, address IP atau nama domainnya, dan kemudian membatasi akses bilamana diperlukan, bagi pemakai tertentu. Melalui jalan ini diharapkan bahwa volume lalu-lintas terkendali. Namun betapa ketat pun dipagar-amankan, arus informasi internal (yang jelas merupakan tujuan dari intranet) akan meningkat cepat.

Comments

0 comments to ""Intranet""

Poskan Komentar

Clock

detiknews

Berita Bola