Kamis, 18 Juni 2009

"Pemprograman Pascal"

0 komentar
Program Pascal pertama kali diperkenalkan oleh Prof. Niklaus Wirth dari Eidgenossiche Technische Hochschul di Zurich (Swiss) pada tahun 1971. Nama bahasa pemrograman ini diambil dari nama Blaise Pascal, seorang fisikawan yang lahir di Clemort (Perancis) yang merupakan penemu kalkulator pertama. Tujuan penciptaan bahasa pemrograman Pascal ialah untuk mengajarkan cara-cara membuat program yang terstruktur.

Didalam program Pascal terdiri dari beberapa komponen dan struktur umum dari program tersebut ialah sebagai berikut :
1. Judul Program
Judul program (program heading) pada program Pascal berfungsi untuk menentukan nama program dan parameter tetapi tidak harus mempunyai makna terhadap program itu sendiri.
2. Bagian Deklarasi
Bagian deklarasi ini terdiri dari beberapa deklarasi diantaranya deklarasi uses, deklarasi label, deklarasi konstanta, deklarasi tipe, deklarasi variabel, deklarasi prosedur, deklarasi fungsi.
3. Bagian Utama Program
Awal bagian utama program diawali begin dan diakhiri oleh end sedangkan ditengahnya terdapat bagian pernyataan yang berisi pernyataan yang akan dieksekusi ketika program dijalankan. Pernyataan yang disediakan program Pascal diantaranya write, writeln, read dan readln.

Untuk mencoba menggunakan program ini anda dapat mendownloadnya disini



Selamat mencoba !!!

Comments

0 comments to ""Pemprograman Pascal""

Posting Komentar

Clock

detiknews

Berita Bola